Ibadah qurban disyariatkan Allah untuk mengenang Sejarah Idul Adha sendiri yang dialami oleh Nabi Ibrahim as dan sebagai suatu upaya untuk memberikan kemudahan pada hari Ied, sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah saw, “Hari-hari itu tidak lain adalah hari-hari untuk makan dan minum serta berdzikir kepada Allah Azza wa Jalla.”

Begitu juga yang dilakukan Sekolah Sultan Agung Batam pada perayaan  hari raya Idul Adha 1440 H , dengan melakukan Penyembelihan hewan qurban sebanyak 7 ekor kambing di halaman sekolah yang Beralamat di Taman raya, Belian, Batam kota, Selasa (13/8/2019).

Semangat dan kerjasama  yang di motori oleh direktur Yulia Yusman sebagai ketua dan pengurus serta  jajaran tenaga pendidik Sekolah Sultan Agung Batam, pelaksanaan Penyembelihan hewan qurban berlangsung semarak

Alhamdulilah , hari ini kami bisa melaksanakan penyembelihan hewan qurban di sekolah , dengan 7 ekor kambing, ada kenaikan jika dibandingkan ditahun sebelumnya dengan 5 ekor kambing , kambing yang diqurban hari ini ,selasa (13/8) terdiri dari 3 ekor kambing dari iuran para siswa, 2 ekor dari orang tua murid yang ikut berqurban dan 2 lagi dari yayasan sekolah sultan agung batam. ,” tutur kepala Sekolah SD Dra. Desmiati.

Senada dikatakan Ketua pelaksana perayaan Qurban, Bpk. Marhaban Djalil, Jadi kami qurban di SD ini dari awal pindah kesini memang sudah dilaksanakan setiap tahun Dan alhamdulillah tahun ini kambingnya bertambah , kemarin 5 tahun ini 7ekor kambing , mungkin wali murid ingin menyerahkan kebersamaan untuk pemotongan qurban keluarga ataupun anaknya ke sekolah . Dan harapan kami , setiap murid dan wali murid bisa berbagi .