Personil Brimob, Gegana Kepulauan Riau melakukan penyemprotan cairan disinfektan di lingkungan sekolah Sultan Agung, Batam, Kamis (10/12). Penyemprotan disinfektan ini merupakan salah satu usaha mengantisipasi penyebaran virus Korona sekaligus dalam rangka menuju penerapan tatanan normal baru di lingkungan sekolah.

Penyemprotan desinfektan ini dilakukan di ruang kelas, ruang guru, Ruang Kepala sekolah, perpustakaan, tempat parkir serta seluruh ruangan yang ada di sekolah. Penyemprotan dimulai dari lantai 3 (Departemen SMK) dilanjutkan dengan Lantai 2 (Departemen SMP dan SD) dan diahiri menuju lantai 1 (Departemen TK dan SD).

Ketua Tim Pakar Gugus Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyebut cairan disinfektan hanya bersifat sementara. Cairan disenfektan juga tidak akan melindungi seseorang dari virus jika melakukan kontak dengan orang sakit. Menurut Wiku, cairan disinfektan merupakan senyawa kimia yang digunakan untuk proses dekontaminasi yang membunuh mikroorganisme dan virus bakteri pada objek permukaan benda mati. Selain itu, cairan disinfektan juga digunakan di permukaan lantai, meja permukaan lain yang sedang disentuh peralatan medis dan lain-lain.