Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal dalam proses belajarnya tentunya ada tolak ukur penilaian atau evaluasi, begitu pula di Sekolah Sultan Agung Batam.

Penilaian bertujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan level pengetahuan (kognitif), level sikap, dan level psikomotorik.

Proses penilaian yang dilakukan guru mulai dari ulangan harian, ujian mid semester, ujian semester, penugasan, penilaian afektif, penilaian praktik, penilaian diri, penilaian antarteman, dan penilaian portofolio akan berdampak positif bagi siswa baik secara langsung maupun tidak langsung.

Berikut ini 7 manfaat ujian bagi siswa yaitu:

  1. Menghargai pentingnya waktu. Santri yang akan melaksanakan ujian harus mengetahui waktu kapan jadwal ujian akan dilaksanakan. Siswa harus meluangkan waktu untuk belajar malam, belajar kelompok, belajar di asrama, atau bahkan meminta waktu kepada gurunya untuk bimbel. Saat pelaksanaan ulangan jangan sampai terlambat datang ke kelas untuk ujian.
  2. Memahami arti pentingnya belajar. Melalui ulangan, apabila siswa ingin memperoleh nilai baik maka harus belajar. Jika tidak belajar dapat dipastikan tidak naik kelas. Materi-materi yang dipelajari apabila keluar saat ulangan akan menjadi kebahagiaan tersendiri bagi santri dan ada rasa bangga bahwa mendapatkan nilai tinggi dan tidak harus mengulang kelas. Dengan demikian akan memahami secara mendalam pentingnya belajar.
  3. Melatih kejujuran, ujian melatih kejujuran pada siswa, saat ulangan siswa harus mengerjakan sendiri soal-soal dari hasil belajar yang sudah dilakukan. Apabila sudah terbiasa dapat diterapkan pada kehidupannya yang lain.
  4. Menghargai hasil usaha, apapun hasil ujiannya maka ia harus menerimanya. Nilai rendah atau tinggi itu merupakan hasil usaha setelah belajar.
  5. Semangat juang, melalui ujian santri dituntut memiliki semangat juang yang gigih untuk hasil belajar maksimal. Ikhtiar maksimal hasilnya mendekati akan harapan.
  6. Untuk memotivasi diri. Diadakannya suatu ulangan adalah sebagai motivasi diri bagi masing-masing pelajar untuk lebih meningkatkan prestasinya. Semua individu pasti ingin lulus ujian dan bahkan ingin mempunyai nilai yang bagus, tapi untuk memperoleh itu semua tidaklah semudah kita hanya menghayal atau bermimpi saja. Tetapi bukan berarti pula prosesnya juga sulit untuk mencapainya. Jika kita ingin hasil yang bagus maka kita juga harus melakukannya dengan cara yang bagus pula, jangan melakukannya dengan cara setengah hati apalagi dengan cara yang curang.
  7. Dapat mendekatkan diri pada Allah. Pada umumnya terkadang ketika seorang pelajar saat mendengar akan dilaksanakan ulangan pasti salah satu jurusnya untuk berhasil dalam ujian adalah lebih mendekatkan diri kepada yang Kuasa. Pada saat detik-detik menjelang ujian pasti akan begitu khusyuknya beribadah dan berdoa agar diberikan kemudahan dalam menjawab soal-soal ujian. Alangkah indahnya jikalau melakukan ibadah itu bukan hanya saat menjelang ujian saja, melainkan setiap saat yaitu sehari lima kali pasti dijamin segala urusannya dalam belajar dan mengikuti ujian akan diberikan kemudahan juga kelancaran dari Allah.