Sejak Maret 2020, pemerintah resmi menghentikan proses pembelajaran disekolah dan mengeluarkan peraturan pembelajaran harus dilakukan secara online. Tentunya hal ini membuat proses belajar mengajar menjadi kurang efektif. Hal tersebut mengharuskan tenaga pendidik untuk memikirkan media pembelajaran online yang bisa dimanfaatkan untuk proses pembelajaran selama pandemic berlangsung. Banyak sekali media yang bisa dimanfaatkan untuk pemberian materi kepada peserta didik, namun tidak bisa dipungkiri media yang paling efektif adalah media yang memungkinkan guru dan siswa bisa bertatap muka langsung. Melihat situasi saat ini tidak mungkin kegiatan tatap muka dilakukan langsung disekolah. Oleh karnanya dengan didukung oleh media yang tepat serta koneksi internet yang stabil proses tatap muka bisa dilakukan dengan cukup efektif.

Memanfaatkan fasilitas dari google menjadi salah satu pilihan yang bisa dilakukan. Sebagian besar guru menggunakan Google Meet sebagai media untuk tatap muka yang dirasa cukup efektif di saat pandemi seperti ini. Google Meet juga dikenal sebagai Google G Suite for Education. Layanan ini dapat diakses melalui website, Android maupun iOS. Di Google Meets ini tidak hanya bisa melihat dokumen belajar tetapi juga presentasi hingga merekam. Sebagian besar guru di Sekolah Sultan Agung Batam juga menggunakan Google Meet sebagai media pembelajaran tatap muka dan tentunya dengan tingkat kreatifitas dari guru masing-masing dalam pemberian materi. Saat ini guru dituntut untuk melek teknologi agar pencapaian tujuan pembelajaran online berjalan dengan normal.

Penggunaan Google Meet sendiri cukup mudah dilakukan, guru hanya harus membuat bahan ajar dalam bentuk powerpoint, Ms. Word ataupun Pdf. Namun 85% guru menggunakan Powerpoint untuk bahan ajar yang akan di tampilkan dilayar presentasi Google Meet dan sisanya memanfaatkan media lain seperti papan tulis/ pen tab untuk beberapa materi yang dianggap perlu menulis simbol-simbol tertentu, seperti subjek Math ataupun MTK. Apapun media yang dapat dimaanfaatkan selama pandemi ini tidak akan seefektif tatap muka didalam kelas, namun kami yakin guru maupun siswa sudah sangat rindu degan aktifitas dulu dimana kegiatan belajar mengajar dilakukan dilingkungan sekolah, oleh karnanya marilah kita berdoa agar wabah ini cepat berlalau dan aktifitas bisa berjalan seperti biasanya amin.