Pengertian Pramuka Siaga

Siaga merupakan sebutan anggota Pramuka yang memiliki umur 7-10 tahun. Disebut Pramuka Siaga karena sesuai dengan kiasan pada masa perjuangan bangsa Indonesia, yaitu saat rakyat Indonesia mensiagakan dirinya untuk mencapai kemerdekaan dengan ditandai berdirinya Boedi Oetomo tahun 1908 sebagai tonggak awal perjuangan bangsa Indonesia.

Satuan Satuan terkecil pada Pramuka Siaga disebut Barung dan satuan-satuan dari beberapa barung disebut Perindukan.Setiap Barung beranggotakan 5-10 orang Pramuka Siaga dan dipimpin oleh seorang Pemimpin Barung yang dipilih anggota Barung itu sendiri.

Masing-masing Pemimpin Barung ini nanti akan memilih satu orang dari mereka yang akan menjadi Pemimpin Barung Utama yang disebut dengan Sulung. Perindukan terdiri dari beberapa Barung yang dipimpin Sulung.

Dalam Pramuka Siaga terdapat tiga tingkat, yaitu:

  1. Mula
  2. Bantu
  3. Tata

Setiap anggota Barung yang sudah menyelesaikan SKU ( Syarat Kecakapan Umum ) berhak mengenakan TKU ( Tanda Kecakapan Umum ) sesuai tingkatannya yang dikenakan pada lengan baju sebelah kiri dibawah tanda barung berwarna dasar hijau. TKU untuk Siaga memiliki bentuk sebuah janur atau disebut Mancung yakni bunga pohon kelapa yang baru tumbuh

Kode Kehormatan Pramuka Siaga

Kode Kehormatan bagi Pramuka Siaga, terdiri dari:

1. Janji Dwisatya, selengkapnya berbunyi:

Dwisatya

  • Demi kehormatanku aku berjanji akan bersunguh-sungguh:
  • Menjalankan kewajiban Tuhanda Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan menurut aturan keluarga.
    Setiap hari akan berbuat kebaikan.

2. Ketentuan moral yang disebut Dwidarma, yang berbunyi:

Dwidarma

  • Siaga patuh pada ayah dan ibunya.
  • Siaga berani dan tak putus asa.

Materi Pramuka Siaga

Sementara pada materi latihan Pramuka Siaga merupakan sekumpulan standar kompetensi yang wajib dipenuhi oleh setiap anggota pramuka siaga. Materi-materi itu disiapkan dalam latihan pramuka yang diolah dengan sebuah permainan.

Materi yang dibungkus pada bentuk permainan ini mengandung unsur pendidikan serta nyanyian yang menarik dan menyenangkan. pelaksanaannya, materi latihan materi latihan diharapkan memiliki sifat modern, bermanfaat dan taat pada asas-asas.

jumlah materi pramuka siaga dibagi pada beberapa area yaitu :

Area Pengembangan Sosial :

Pramuka Siaga Mula : Mengenal anggota keluarga, teman dalam satu barung, dan mengenal teman satu perindukan.
Pramuka Siaga Bantu : Mengenal lingkungan dan mengetahui aturan-aturan sosial yang berlaku lingkungannya.
Pramuka Siaga Tata : Taat pada peraturan sosial yang berlaku di lingkungannya. Serta melaksanakan tugas yang diberikan dengan penuh tanggung jawab juga mengetahui wawasan kebangsaan.

Area Pengembangan Intelektual :

Pramuka Siaga Mula : Mengenal pengetahuan, teknologi dan keterampilan kepramukaan dengan baik.
Pramuka Siaga Bantu : Bisa melaksanakan pengetahuan teknologi dan keterampilan kepramukaan serta dapat memanfaatkannya.
Pramuka Siaga Tata : Bisa menceritakan pengetahuan dan teknologi serta keterampilan kepramukaan yang dimilikinya pada barung dan perindukan