SMK Pelayaran Batam: Laut Indonesia merupakan Kekayaan alam yang sangat berlimpah, sehingga semua orang didunia ini seolah-olah disulap matanya untuk menginginkan hasil kekayaan laut. Baik berupa Ikan dan terumbu karang yang ada didalam laut.

Untuk keterampilan seperti itu, tentunya harus memiliki kemampuan yang utuh dibidang kelautan, sehingga mampu menguasai secara menyeluruh struktur laut dan penjagaan laut yang ada. Di Indonesia sendiri memiliki banyak sekali laut dan pulau-pulau, tidak hanya kapal-kapal untuk nelayan, akan tetapi kapal penumpang juga sangat banyak. Karena, Indonesia merupakan negara kepulauan, maka tentunya transportasi laut sangat penting dalam memperlancar proses perjalanan masyarakat.

Namun, demikian kompetensi dalam pengoperasian dan perawatan kapal merupakan hal wajib diketahui oleh Nahkoda maupun awak kapal yang ada.

Untuk itulah, SMK Pelayaran Hadir memberikan ruang untuk mempraktekkan kemampuan dan keahlian dibidang kelautan, tanpa keterampilan dan kemampuan kelautan yang dimiliki, maka akan sangat rawan seseorang mengalami kecelakaan kerja.

SMK Pelayaran Batam yang berada di Sekolah Sultan Agung Batam, memberikan kepastian keterampilan yang akan dimiliki oleh para Taruna sejak dini yaitu dibekali Praktek sejak kelas 10, kemudian dikelas 11 PKL, dan semua Taruna harus memiliki 7 Sertifikat Wajib Kelautan, diantara yang sudah dimiliki oleh SMK Pelayaran Batam adalah:

  1. Crowd Management Training (CMT)
  2. Crisis Management and Human Behavior Training (CMHBT)
  3. Medical Fish Aid (MFA)
  4. Medical Care (MC)
  5. Sift Security Officer (SSO)
  6. Security Awareness Training (SAT)
  7. Seafarers with Designates Security Duties (SDSD)